01 November 2008

HFP #4 : Konsep



Setelah libur beberapa saat, Mrs. HFP, mbak Dita nerusin peer keempat. Dan diputaran kali ini temanya agak 'berat' dari tema tema sebelumnya, yaitu Konsep.

Setelah mbak Dita menerjemahkan beberapa bahasa fotografi diseries Sharing Photography-nya, aku baru sadar bahwa memotret perlu konsep selain komposisi tentunya. Apalagi dalam memotret makanan. Aku mah selama ini gak ngeh sama sekali ama konsep dalam fotografi. Tahunya asal jepret ajah. Makanya fotonya gitu gitu aja... ternyata gara garanya karena gak punya konsep.

Jadi aku mencoba menuangkan sebuah foto dengan sebuah konsep. Atau mempraktekan foto yang berkonsep *ribets ngomongnyah*. Tapi belakangan ini, seperti yang udah kuceritakan kemaren kemaren, bahwa moodku sedang tidak pada tempatnya, hiks. Os-tos-mas-tis, ide ide sedang buntu en mampet, udah waktunya dikuras kali, wakakaka....

But I tried my best...

Untuk setoran peer kali ini, aku coba menggambarkan suasana piknik dialam terbuka. Waktu bingung mau buat konsep apa untuk tugas ini, aku ingat kalau aku dan my big best friend, mama Putri, mau piknik ke Kebon Bibit Surabaya hari Sabtu kemaren. Ya udah, mumpung ada kesempatan, disempetin bentar buat ngambil foto dengan suasana piknik.

Picnik in Red
Motret diatas batu, ditepi kolam ikan beralas kain pembungkus bekal...

Tapi aku sungguh sungguh tidak puas saat itu. Soalnya ada krucil yang nyanggong disebelahku, merengek minta kue yang lagi dipotret itu. Grrrrhhh.... mboknya dah mo berubah jadi macan aja nih. Dan akhirnya, semua properti perbekalan motret yang aku bawa dari rumah, buyaaaarrr waktu mau ditata !! Taplak pink kotak kotak yang udah kusiapkan buat alas, batal dipake. Table setting yang udah kurancang dari rumah, juga batal direalisasikan.

Picnik
Situasi piknik sebenarnya. Tempatnya dibawah pohon deket kolam juga. Ini kondisi asli ( alami ) gak pake ditata, udah asli dari sononya... termasuk piringku yang berantakan. Harusnya taplak ini yang jadi alas foto pertama.

Jadi yang nongol cuma kukis hias, garlic toast, en tart tomat wannabe yang gatot. Tidak ada gelas, bahkan orange juice lupa kebeli. Bahkan kolam ikan yang lagi surut sebagai latar belakangnya, juga gak keliataaan... Lengkap sudah... tapi ya sutralah, udah terlanjur disini, jadi gak jadi tetep harus, jeprets !

Ternyata dengan memikirkan konsep terlebih dahulu, memudahkan kita untuk mempersiapkan segalanya. Meski pada kasusku ini, aku sedikit kurang well prepared dalam hal properti dan komposisi. Padahal udah pake konsep, gimana kalo enggak pake konsep yak ? Kali ada gelas kristal di taplak piknikku, he he he... Gak punya gelas kristal deng !

Picnik in Red Collage
Baru sadar kalo properti yang aku bawa semua serba merah. Gak sengaja...

Thanks to mbak Dita. Keep sharing ilmu ya, en HFPnya jangan sampe surut. Buat yang pengen ikutan, ayok masih ada waktu sampe 10 November. Gak peduli apa kameramu, gak peduli sehebat apa kamu, gak peduli sebagus apa fotomu, gak peduli pemula or amatir, profesional or propesional, yang penting kita sharing disini. Karena disini kita banyak belajar dari satu sama lain. Nyok, tariiik maaaang.....

More info, click here...

Capek udah, studio udah, properti udah, konsep udah, bis gini apa lagi yak ?

5 komentar:

galih mengatakan...

sebenarnya tanpa sadar pun, kita sudah membuat konsep ketika akan memotret. bagaimana cara mbak mae mengatur komposisi, mengisi ruang kosong dengan garnish tertentu: itulah konsep.

Dita mengatakan...

Mae sngkyuuu.....Asik banget Mae temanya Piknik. Biar makin kuat kesan pikniknya coba deh diliatin rerumputannya. Critanya nggelar tiker kan nih di rumput? Kalo gak keliatan rumput gini, bisa disangkain ini di atas meja juga loh.

mae mengatakan...

To Galih : iya ya, aku nya aja yg selama ini gak ngeh, he he he... baru tau ini.

To Dita : aduh mak, rumputnya tuh ga boleh diinjek apalagi didudukin, xixixi... kebetulan kami duduk diatas walk path dari paving blok gitu. Tapi dipikir pikir aku juga lupa motret dr angle yg lain, yg bisa keliatan ijo ijonya.

Abby mengatakan...

keren..jadi pengen gabung piknik, pa lagi makanannya yummy2..
salam kenal Mae..:)

mae mengatakan...

thanks Abby, salam kenal juga ya... yok ikutan piknik :)